Pernahkah Anda tertarik untuk membeli suatu produk karena kemasan produk  yang unik dan menarik? Anda tidak sendirian karena hal tersebut wajar. Karena banyak konsumen yang melakukan pertimbangan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk karena melihat kemasan yang tersedia. 

packaging atau kemasan produk

Mengapa peran kemasan penting dalam berbisnis? Jawabannya karena dalam rantai ekonomi kemasan diperlukan sebagai bagian dari proses distribusi dan pemasaran produk. Kemasan suatu produk berfungsi sebagai wadah untuk menyimpan, melindungi, mengidentifikasi dan mempromosikan produk Anda. Selain itu kemasan produk menjadi perhatian utama sebelum konsumen akhirnya memutuskan untuk membeli produk Anda. 

Ingin tahu mengapa kemasan penting untuk bisnis Anda? Berikut serba-serbi kemasan yang perlu Anda persiapkan agar bisnis dapat meningkatkan penjualan.

Peran Kemasan Produk dalam Usaha dan Bisnis

1. Mempromosikan Produk Kepada Konsumen

Perkembangan bisnis kini semakin ketat untuk itu elemen yang paling penting untuk membedakan bisnis Anda dengan yang lainnya dengan menciptakan kemasan yang mempresentasikan brand Anda. Anda sebagai pelaku bisnis perlu mempertimbangkan beberapa aspek penting lainnya seperti penampilan produk, warna dan ukurannya ketika menyiapkan kemasan produk. Selain itu penggunaan kemasan dan desain label menarik yang mencantumkan logo brand serta perusahaan akan membuat pelanggan semakin mengenali produk tersebut dan membuatnya tampak menarik untuk dibeli.

2. Sebagai Identitas Produk Anda

Unsur-unsur yang tidak boleh Anda lupakan yaitu kemasan produk yang menonjolkan identitas brand Anda dibandingkan produk serupa. Tampilkan desain kemasan yang kreatif dan menunjukkan posisi bahwa produk yang Anda hasilnya berkualitas tinggi sehingga menarik minat pembeli dan mempengaruhi keputusan mereka untuk melakukan pembelian produk. 

kemasan-produk
Photo: pexels / Cats Coming

3. Membangun Kepercayaan Dengan Memberi Informasi Selengkap Mungkin

Bangun kepercayaan konsumen dengan menginformasikan ingredient secara lengkap setiap produk yang Anda jual. Biasanya sebelum konsumen akhirnya memutuskan untuk membeli suatu produk tertentu maka mereka akan mengumpulkan informasi sebanyak-banyak hingga akhirnya membeli. Kebutuhan informasi itu bisa Anda infokan dalam kemasan dan produk Anda. Misalnya untuk produk kosmetik, Anda dapat memaparkan bahan-bahan dan komposisi yang digunakan, sehingga konsumen dapat menyakini bahwa kosmetik yang dipergunakan menggunakan bahan-bahan yang aman untuk kulit mereka.

Hal tersebut berlaku juga untuk bisnis makanan, Anda dapat mencantumkan pada label khusus yang menginfokan tentang kandungan gizi, komposisi dan informasi lainnya yang bermanfaat. Jika Anda bisa menyampaikan informasi selengkap mungkin dalam kemasan produk Anda akan membuat konsumen semakin percaya dengan produk Anda dan benar-benar aman.

4. Meningkatkan Daya Tarik Bagi Pembeli

Fungsi kemasan yang terpenting yaitu dapat meningkatkan daya tarik pembeli. Anda bisa membuat rancangan kemasan yang menarik menggunakan desain yang eye catching dan menarik perhatian dengan pemilihan warna serta lainnya sehingga dapat membedakan produk Anda dengan produk yang memiliki genre sejenis. 

Misalnya saja Anda menjalankan usaha yang bergerak di bidang kuliner maka peran kemasan yang menarik, unik dan anti mainstream dapat menggugah calon pelanggan untuk membeli produk Anda. Ajak pembeli penasaran dengan produk yang Anda jual. Salah satu caranya Anda dapat menggunakan kemasan yang ramah lingkungan dan go-green, kesan cinta lingkungan tersebut akan melekat erat pada brand Anda jika menerapkan konsep.

5. Menjaga Produk Tetap Aman

Kemasan selain berperan sebagai identitas juga berfungsi untuk menjaga keutuhan produk agar tetap terjaga agar tidak rusak. Kemasan produk sebagai pelindung agar produk bagian dalam dan luar tersebut tidak mudah tergores, basah karena kehujanan, hancur karena terjatuh atau cacat karena gangguan saat perjalanan dari tempat pengiriman sampai tempat konsumen.

6. Menjadikan Produk Unik dan Berbeda

Kemasan erat kaitannya dengan identitas, jika Anda memasarkan genre produk yang sama dengan pebisnis lain misalnya makanan ringan ataupun produk lainnya, kemasan produk yang menarik perhatian penting menjadi strategi penting untuk mengungkapkan identitas bisnis Anda untuk menghadapi pesaing. Kuncinya kemasan yang menarik, apik dan unik menjadi senjata untuk meraih kesuksesan bisnis Anda. 

7. Meningkatkan Penjualan

Pada akhirnya kemasan yang baik merupakan tujuan utama untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda secara menyeluruh. Dalam hal ini packaging juga mencakup isi, layanan hingga pemasaran yang dilakukan untuk memenangkan persaingan. Kemasan yang menarik dapat mampu mencuri perhatian konsumen nantinya. Rancang dan persiapkan kemasan produk Anda seistimewa mungkin karena kemasan merupakan brand image produk Anda!

(Baca juga: 10 Cara Memulai Bisnis dari Nol untuk Pemula)

Bagaimana Kriteria Kemasan Produk yang Baik?

Tidak hanya fungsi kemasan saja yang penting, tetapi kriteria untuk menyiapkan kemasan yang aman agar produk bisa sampai ke konsumen dalam kondisi terbaik menjadi hal yang utama. Ini dia beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui agar kemasan Anda memenuhi kriteria tersebut.

Memiliki Prinsip Kemasan Simpel dan Praktis

Ciptakan kemasan produk yang simpel dan praktis agar proses pengiriman, penyimpanan hingga produk tersebut aman hingga akhirnya sampai ke tangan konsumen. Untuk itu perlu menjadi perhatian khusus tentang desain yang simpel dan praktis sehingga konsumen merasa nyaman dan tidak kesulitan jika akan menggunakan produk atau untuk kriteria makanan ketika akan mengkonsumsi barang tersebut.

Memiliki Desain Yang Menarik

Kemasan selain berfungsi untuk melindungi produk harus menciptakan daya tarik konsumennya sehingga bisa menjadi media promosi yang efektif. Hal ini didukung dari desain, label, logo dan memiliki keunikan tersendiri sehingga menjadi pembeda dengan produk-produk yang memiliki genre sama dengan bisnis Anda. 

pilihan kemasan produk makanan

Kemasan Aman Untuk Digunakan

Ciptakan kemasan yang aman menjaga produk Anda secara internal dan eksternal sehingga terhindar dari gangguan-gangguan yang tidak terduga seperti cuaca panas, udara yang dingin, lembab, benturan, gesekan dan hal-hal lainnya yang dapat mengganggu kualitas produk di dalamnya.

Tahan panas dan tidak mudah bocor

Untuk menghasilkan kemasan terbaik Anda perlu menggunakan bahan-bahan yang berkualitas sehingga dapat menjadikan produk kemasan yang aman. Misalnya menggunakan bahan yang tahan panas dan tidak mudah bocor, sehingga produk yang ada di dalamnya dapat terjaga dengan baik sejak proses produksi hingga akhirnya di konsumsi oleh konsumen memiliki kualitas yang sama.

Menjaga Kualitas Produk

Kemasan dibutuhkan untuk mempertahankan kualitas produk supaya tetap baik misalnya untuk produk makanan agar warna, rasa, aroma dan tidak mengalami reaksi kimia yang dapat merusak kondisi produk. 

Memenuhi Standard

Memiliki standarisasi proses pengemasan perlu diterapkan oleh bisnis Anda agar brand Anda terjaga dan konsisten, misalnya menetapkan ukuran, bentuk, berat dan unsur penting lainnya. Contohnya untuk produk makanan sehat varian keripik sehat dalam satu packnya menyimpan produk sebanyak 500 gram, maka agar tetap seimbang ukuran dan takarannya untuk varian tersebut harus tetap pas serta konsisten terutama untuk diproduksi dalam jumlah besar. 

Siapkan kemasan terbaik agar bisnis Anda mudah dikenali dan menarik para konsumen!